Pembelajaran sebagai Sistem
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Pembelajaran memiliki tujuan membuat peserta didik belajar dan hasilnya dapat dilihat dengan perubahan tingkah laku ataupun bertambahnya pengetahuan dalam diri mereka. Pembelajaran dikatakan sebagai sistem karena memiliki rumusan :
Masukan –> Proses –> Keluaran
---------- Feedback ----------
1. Masukan (Input)
- Kurikulum
1) Komponen tujuan.
2) Komponen isi/materi.
3) Komponen media (sarana dan prasarana).
4) Komponen strategi.
5) Komponen proses belajar mengajar.
- Peserta didik
- Instruktur
- Sarana & Prasarana
Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, seperti: Gedung, ruangan belajar atau kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya.
Prasarana pendidikan yaitu sesuatu yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun atau taman sekolah, maupun jalan menuju ke sekolah dan masih banyak lagi yang lainnya
2. Proses (Process)
- Materi
- Metode
- Media
- Evaluasi
- Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP)
3. Keluaran (Output)
- Peserta dengan kompetensi tertentu
4. Umpan Balik (Feedback)
Umpan balik (Feedback) adalah pengetahuan yang diperoleh berkenaan suatu tugas, perbuatan atau respon yang diberikan. Umpan balik dapat dilakukan dalam banyak bentuk dan dari berbagai sumber. Siswa menerima umpan balik dari guru, teman sekelas, dan bahkan diri mereka sendiri. Feedback merupakan cara seorang pengajar dalam membantu peserta didik meningkatkan pengetahuan, motor skill, dan sikap yang dilakukan dengan cara observasi dan memberikan informasi serta dapat diberikan secara individu maupun kelompok.
Komponen input sistem
pembelajaran dapat berupa siswa, materi, metode, alat, media
pembelajaran, perangkat-perangkat pembelajaran yang lain termasuk
persiapan atau perencanaan pembelajaran. Komponen proses berupa tempat
atau aktivitas berinteraksinya berbagai input, baik raw input (masukan
siswa), instrumental input (masukan berupa alat-alat termasuk guru dan
kurikulum), maupun environmental input (masukan lingkungan fisik maupun
non fisik). Proses pembelajaran akan mengahsilkan keluaran (output).
Dengan kata lain, output merupakan cerminan langsung maupun tidak
langsung dari proses pembelajaran yang berlangsung. Output pembelajaran
itu biasanya dapat berupa prestasi belajar, perubahan sikap, perubahan
perilaku, skor atau nilai penguasaan materi suatu mata pelajaran, dan
sebagainya. Outcome dalam sebuah sistem pembelajaran merupakan
kebermaknaan output di dalam sistem yang lebih luas atau sistem lain
yang relevan. Di sisi lain, outcome dapat juga dimaknai sebagai dampak
dihasilkannya output. Dengan singkat kata, outcome merupakan ukuran
kebermaknaan output. Jika dikaitkan dengan contoh output di atas,
outcome pembelajaran dapat berupa seberapa jauh nilai atau prestasi
belajar yang dicapai dalam pembelajaran tertentu memiliki makna atau
dapat menopang keberhasilan pembelajaran lain yang relevan
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Komponen input sistem
pembelajaran dapat berupa siswa, materi, metode, alat, media
pembelajaran, perangkat-perangkat pembelajaran yang lain termasuk
persiapan atau perencanaan pembelajaran. Komponen proses berupa tempat
atau aktivitas berinteraksinya berbagai input, baik raw input (masukan
siswa), instrumental input (masukan berupa alat-alat termasuk guru dan
kurikulum), maupun environmental input (masukan lingkungan fisik maupun
non fisik). Proses pembelajaran akan mengahsilkan keluaran (output).
Dengan kata lain, output merupakan cerminan langsung maupun tidak
langsung dari proses pembelajaran yang berlangsung. Output pembelajaran
itu biasanya dapat berupa prestasi belajar, perubahan sikap, perubahan
perilaku, skor atau nilai penguasaan materi suatu mata pelajaran, dan
sebagainya. Outcome dalam sebuah sistem pembelajaran merupakan
kebermaknaan output di dalam sistem yang lebih luas atau sistem lain
yang relevan. Di sisi lain, outcome dapat juga dimaknai sebagai dampak
dihasilkannya output. Dengan singkat kata, outcome merupakan ukuran
kebermaknaan output. Jika dikaitkan dengan contoh output di atas,
outcome pembelajaran dapat berupa seberapa jauh nilai atau prestasi
belajar yang dicapai dalam pembelajaran tertentu memiliki makna atau
dapat menopang keberhasilan pembelajaran lain yang relevan
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8E
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8E
Komentar
Posting Komentar